• Kontak Kami
  • Hotline : 0822-7018-5554
  • SMS : 0877-3836-3695
  • BBM : 51948853

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Teknik Khusus Cara Menghias Kopi Cappucino

Teknik Khusus Cara Menghias Kopi Cappucino

Diposting pada 15 Juli 2017 oleh Bos Kopi Indonesia

Teknik Khusus Cara Menghias Kopi Cappucino – Siapa yang tak kenal cappucino? Salah satu jenis cara penyajian kopi ini memiliki ciri khas rasa susu yang kuat. Banyak cafe-cafe juga menyajikan kopi yang satu ini dengan berbagai tambahan atau hiasan. Namun orang awam biasanya sulit membedakan antara cappucino dan latte. Cappucino, latte dan flat white adalah menu yang paling sering ditemui di café atau coffee shop. Dan ketiganya, sebenarnya, sama-sama terdiri dari dua komposisi dasar, yaitu textured milk (susu yang di-steam) dan espresso. Inilah yang menyebabkan kedua jenis kopi tersebut terkadang sulit dibedakan.

Kemudian apa perbedaan dari cappuccino, latte dan flat white? Perbedaan dari ketiga jenis minuman kopi ini terletak pada bagaimana masing-masing minuman ini disiapkan, disajikan dan seberapa baik baristanya telah dilatih. Meski sama-sama terbuat dari espresso dan susu, namun yang membedakan ketiga minuman ini adalah jumlah takaran susu dan banyaknya foam yang ditambahkan ke dalam espresso. Banyaknya susu yang ditambahkan ini akan turut memengaruhi rasa minuman yang disajikan. Sehingga karenanya, sekali lagi, rasa dari cappuccino, latte dan flat white tentu saja tidak sama. Biasanya yang dihias dengan bubuk coklat yang dibentuk sesuatu yang indah adalah latte, dan bukan cappucino. Cappucino memang diberi bubuk cokat di atas foamnya, tetapi jarang yang dihias.

Di tempat-tempat tertentu khususnya di cafe dan coffee shop, barista yang cakap menciptakan seni latte ketika menuangkan susu yang telah dipanaskan dengan tepat ke dalam espresso, sehingga menciptakan desain-desain tertentu seperti apel, hati, daun, dan rangkaian daun, bahkan bentuk hewan. Mengapa disebut dengan latte art dan bukan cappucino art? Hal ini karena seperti yang talah disebutkan bahwa yang sering dihias dengan berbagai bentuk menggunakan bubuk coklat adalah latte dan bukan cappucino. Istilah latte art digunakan untuk menyebut desain gambar yang dilukis di atas permukaan minuman berbasis espresso. Untuk menghasilkan lukisan yang indah, dibutuhkan keahlian serta teknik khusus dalam menghidangkan latte art secara baik kepada penikmat kopi. Sehingga tak sembarang orang bisa menghias kopi yang satu ini.

Bagikan informasi tentang Teknik Khusus Cara Menghias Kopi Cappucino kepada teman atau kerabat Anda.

Teknik Khusus Cara Menghias Kopi Cappucino | Coffee Online Shop

Belum ada komentar untuk Teknik Khusus Cara Menghias Kopi Cappucino

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 38%
Rp 125.000 Rp 200.000
Ready Stock / 005
SIDEBAR